Pelatihan Penulisan Ilmiah Bidang Perpustakaan Bagi Pustakawan Tahun 2021

Pada hari Selasa, tanggal 9 November 2021 UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penulisan Ilmiah Bidang Perpustakaan Bagi Pustakawan Tahun 2021 secara online melalui aplikasi zoom. Kegiatan ini diikuti oleh 155 pesesrta yang terdiri dari pustakawan IAIN Palangka Raya, Staf dan Tenaga Administrasi IAIN Palangka Raya maupun Pustakawan dari berbagai Daerah Di Indonesia. Narasumber kegiatan adalah Ibu Lis Setyowati, S. Sos, MA, pustakawan Madya Fakultas Teknik Universitas Diponegoro dan moderator adalah Ibu Shofiatul Azkia pustakawan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan ini berlangsung selama 3 jam yang di mulai pukul 08.00 Wib s/d pukul 11.00 Wib.

Kegiatan ini menurut kepala perpustakaan IAIN Palangka Raya Usman, S.Ag.SS.MHI adalah salah satu upaya perpustakaan untuk meningkatkan kompetensi pustakawan dalam bidang penulisan karya ilmiah yang merupakan salah satu komponen penilaian angka kredit pustakawan pada bidang pengembangan profesi pustakawan. Selain itu saat ini pustakawan juga mempunyai peluang yang sama dengan dosen untuk dapat menerima bantuan dalam penulisan karya ilmiah pada Litapdimas Kementerian Agama RI, sehingga sayang sekali jika pustakawan tidak dapat memanfaatkan peluang ini jika disebabkan adanya ketidakmampuan atau keengganan pustakawan dalam melakukan penulisan karya ilmiah. Oleh karena itu pelatihan ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan peningkatan keterampilan pustakawan untuk membuat karya tulis ilmiah.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor II IAIN Palangka Raya Bapak Dr. Sardimi, M. Ag yang juga sekaligus meberikan sambutan. Wakil Rektor menyambut baik dan mengapresiasi adanya kegiatan ini. Materi kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan pustakawan dalam menulis artikel karya ilmiah, sehingga diharapkan nantinya pustakawan mampu menguasai metode pengkajian, menguasai tekhnik penulisan dan memiliki pengalaman dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah. Kegiatan ditutup oleh kepala perpustakaan IAIN Palangka Raya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *