perpustakaanstainpalangkaraya@yahoo.com

Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan IAIN Palangka Raya

Layanan Pemakai

1) Layanan Sirkulasi Layanan sirkulasi sebagai layanan jasa utama perpustakaan berupa peminjaman buku dan materi lainnya. Layanan sirkulasi hanya diberikan kepada anggota perpustakaan. Adapun koleksi yang dapat dipinjamkan adalah koleksi buku umum. Koleksi ini dapat ditelusur dengan kode:

U untuk kategori Umum

R menunjuk koleksi Referen (tidak dipinjamkan)

T untuk koleksi Tandon (tidak dipinjamkan)

Layanan sirkulasi ini bersifat komputerisasi penuh, sehingga transaksi peminjaman dilakukan dapat secara cepat.

2) Layanan Baca di tempat Yaitu layanan yang memberikan fasilitas untuk membaca bagi pengunjung baik untuk civitas akademika IAIN Palangka Raya maupun bagi yang di luar civitas atau umum. Bahkan perpustakaan secara khusus menyediakan ruangan yang memungkinkan digunakan oleh pengunjung untuk membaca selama 24 jam penuh. Namun sementara ruangan tersebut digunakan untuk ruang perpustakaan pasca sarjana. Selain itu selama jam istirahat bagi petugas perpustakaan, pengunjung juga diperkenankan bertahan di ruangan untuk membaca atau mencatat meskipun dalam keadaan pintu perpustakaan dikunci hingga dibuka kembali pada pukul 13.00 WIB.

3) Layanan Referen dan penelusuran. Layanan referensi adalah layanan dalam bentuk bantuan, petunjuk, bimbingan untuk mencari informasi dengan menggunakan buku-buku rujukan (referen) seperti kamus, enseklopedi, indeks, handbook dll. Koleksi referen ini terletak di lantai III perpustakaan. Koleksi ini statusnya tidak dipinjamkan dan hanya baca di tempat atau fotokopi

4) Layanan koleksi Skripsi, Tesis, Desertasi dan Laporan Penelitian.

Layanan ini juga berada pada lantai III. Jenis koleksi ini tidak pula dapat dipinjamkan atau dibawa keluar dan hanya baca di tempat. Koleksi ini tidak hanya berbentuk tercetak namun juga diolah dalam bentuk digital. Koleksi skripisi yang dalam bentuk CD disimpan di ruang digital library lantai 1

5) Layanan koleksi Buku Tandon dan Serial Koleksi buku tendon atau cadangan merupakan koleksi buku eksemplar pertama dari buku-buku yang berada di layanan sirkulasi. Buku cadangan hanya dapat dibaca di tempat dan hanya dipinjamkan dalam jangka waktu yang pendek, dalam waktu yang telah ditentukan. Koleksi buku cadangan biasanya banyak dicari apabila koleksi buku yang berada di layanan sirkulasi sudah habis dipinjam jadi buku cadangan dijadikan rujukan atau alternatif untuk dapat menemukan informasi yang dibutuhkan. Koleksi Serial adalah koleksi yang terdiri dari terbitan berseri seperti jurnal, majalah dan bulletin. Jurnal yang dimiliki IAIN Palangka Raya umumnya masih yang tercetak yang diperoleh dari hadiah atau tukar menukar dengan perguruan tinggi lain. untuk koleksi artikel jurnal yang digital dapat diakses melalui koleksi digital atau e-journal. Sedangkan majalah diperoleh dari melanggan dan hadiah.

6) Layanan Informasi Digital. Layanan ini adalah layanan informasi dalam bentuk digital (non cetak) atau layanan berbasis teknologi informasi baik melalui OPAC, CD ROM, Media TV dan CD/DVD (audiovisual) serta Digital Library lewat komputer dan internet. OPAC adalah sarana penelusuran informasi berupa catalog online yang menunjukkan keberadaan suatu dokumen yang ingin dicari. OPAC adalah program komputerisasi untuk penelusuran koleksi perpustakaan. OPAC berisi informasi tentang bibliografi, lokasi dan nomor panggil koleksi untuk memudahkan pencarian koleksi yang dibutuhkan oleh para pengguna. Pemanfaatan alat penelusuran ini berbasis web sehingga bisa ditelusur dengan jaringan local maupun dengan jaringan internet melalui alamat http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id. Penelusuran informasi melalui opac ini dapat dilakukan dengan 2 pendekatan yaitu penelusuran informasi yang bersifat umum dimana anda dapat memasukkan sebuah kata kunci atau beberapa untuk mencari informasi koleksi yang anda inginkan. Sedangkan jika anda ingin mencari informasi koleksi melalui pendekatan yang lebih khusus maka anda mengklik pencarian spesifik dan akan muncul tampilan berikut: Ada 2 metode yang tersedia pada pencarian katalog perpustakaan. Yang pertama adalah PENCARIAN SEDERHANA, yang merupakan metode pencarian sederhana pada katalog, Anda hanya memasukkan kata kunci apapun, baik itu yang terkandung dalam judul dokumen, nama penulis atau subyek. Anda bisa menyediakan lebih dari satu kata kunci dalam metode Pencarian Sederhana dan akan memperluas hasil pencarian Anda. Yang kedua ADVANCED SEARCH, memungkinkan Anda menentukan kata kunci di bidang yang lebih spesifik. Jika Anda hanya ingin berisi kata kunci dalam bidang judul, kemudian ketik kata kunci di bidang Judul dan ruang lingkup pencarian system hanya pada bidang judul, bukan di bidang lain. Kolom lokasi memungkinkan Anda mempersempit hasil pencarian dengan lokasi tertentu, sehingga hanya koleksi yang ada di lokasi yang dipilih bisa diambil oleh sistem.

Catatan: Setelah menemukan Bibliografi yang diinginkan, catat nomor panggil, misalnya U 2X2.2 Naw s Nomor panggil adalah suatu kode yang menunjukkan keberadaan koleksi di rak. U: maksudnya koleksi umum 2X2.2 : menunjukkan klasifikasi subjek untuk koleksi Naw : tiga huruf pertama dari pengarang s : adalah huruf pertama dari judul Selain penelusuran dalam bentuk OPAC di atas, di perpustakaan juga tersedia penelusuran informasi digital lain dalam bentuk CD/CD-ROM antara lain berupa ensiklopedi, kamus, kumpulan peraturan, dan informasi informasi yang bersifat edutaintment seperti film-film bersifat documenter. Layanan informasi audiovisual dari koleksi CD ini sarana dan prasarananya yang disediakan perpustakaan sebanyak 4 unit TV dan DVD yang disediakan untuk pemustaka di ruangan digital library dan audiovisual. Perpustakaan IAIN Palangka Raya juga telah mengembangkan digital library dengan 2 bentuk aplikasi gdl dan e-print yang memungkinkan dapat diakses secara online melalui website IAIN Palangka Raya.

Adapun koleksi dari digital library ini adalah merupakan hasil karya ilmiah para mahasiswa maupun dosen IAIN Palangka Raya berupa skripsi, tesis, desertasi, artikel jurnal, laporan penelitian, buku, dan makalah. Koleksi ini dipublikasikan ke umum melalui repository IAIN Palangka Raya dengan aplikasi e-print. aplikasi ini masih baru dan dikembangkan sebagai pengganti dari aplikasi gdl42, sehingga data yang diupload masih belum maksimal. Alamatnya adalah http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id. 

Repository IAIN ini juga dapat diakses melalui website perpustakaan IAIN Palangka Raya yang juga dapat diakses melalui website IAIN Palangka Raya. Berikut adalah alamat website IAIN Palangka Raya http://iain-palangkaraya.ac.id. Sedangkan website perpustakaan adalah http://library.iain-palangkaraya.ac.id