Pustakawan IAIN Palangka Raya Mengikuti Seminar Nasional di UIN Antasari Banjarmasin

Pada hari kamis tanggal 8 Nopember 2018 pustakawan IAIN Palangka Raya mengkuti seminar nasional yang dilaksanakan oleh Program D3/S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN  Antasari Banjarmasin. Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 08.00 s/d pukul 13.30 WITA. Narasumber kegiatan seminar nasional ini adalah Bapak DR. Fuad Gani, SS. MA . Beliau adalah Dosen Jurusan Ilmu Perpustakaan pada Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia dan juga kepala perpustakaan pusat Universitas Indonesia. Tema dari kegiatan ini adalah “peran serta perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan”. Tujuan dari kegiatan ini adalah pertama, agar para peserta memiliki pemahaman yang tepat akan begitu besarnya peran perpustakaan bagi suatu lembaga pendidikan; kedua, agar pustakawan dapat memaksimalkan peran perpustakaan dalam meningkatkan mutu pendidikan lembaganya; ketiga, agar lembaga pendidikan yang menaungi perpustakaan dibawahnya menyadari akan pentingnya keberadaan perpustakaan sebagai salah satu sarana yang tak terpisahkan dari lembaganya.

Seminar nasional dibuka oleh dekan fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan Prof. DR. Hj. Juairiah, M.Pd. dalam sambutannya beliau menekankan akan pentingnya perpustakaan dan pentingnya membaca yang beliau gambarkan dalam sebuah cerita. sedangkan narasumber DR. Fuad Gani, SS. MA menyampaikan antara lain tentang peran strategis pustakawan di zaman sekarang dimana pustakawan adalah knowledge consultant , sehingga pustakawan perlu diantaranya dalam penguasaan bahasa dan penguasaan literate technology terlebih dengan peran perpustakaan sebagai tempat berinteraksi berbagi pengetahuan. selanjutnya beliau menguraikan hal-hal penting dalam mengelola perpustakaan yaitu, tentang human resources, collection, financial resources, SMART Management, ICT, leadership, innovative service, strategic plane, dan Risk management.

Adapun peserta yang ikut dalam kegiatan seminar nasional ini khususnya dari IAIN Palangka Raya berjumlah 7 orang, terdiri dari 3 orang pustakawan, 2 orang pengadministrasi dan 2 orang tenaga pramubakti di perpustakaan. setelah kegiatan seminar para peserta dari IAIN Palangka Raya menyempatkan diri untuk berkunjung ke perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin untuk berbagi informasi dan pengalaman terkait pengelolaan perpustakaan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *