Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah bagi Mahasiswa dan Alumni Tahun 2017

UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya pada hari Sabtu tanggal 28 Oktober 2017 bertempat di aula perpustakaan IAIN Palangka Raya mengadakan kegiatan pelatihan pengelolaan perpustakaan sekolah dan desa bagi mahasiswa dan alumni. Kegiatan ini merupakan salah satu program perpustakaan tahun 2017.

Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar perhatian dan partisipasi perpustakaan dalam meningkatkan budaya baca masyarakat Kalimantan Tengah melalui pengembangan perpustakaan sekolah dan desa yang lebih berkualitas, terutama dari aspek peningkatan kwalitas SDM pengelola perpustakaan. Pengelolaaan perpustakaan di Kalimantan Tengah masih tertinggal dibandingkan dengan daerah lain. Hal ini disebabkan kurangnya sumber daya manusia yang profesional di bidang perpustakaan. Begitu pula halnya dengan perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah sampai sekarang kebanyakannya dikelola oleh para guru yang umumnya mereka tidak punya latar belakang pengetahuan dalam mengelola perpustakaan. Terkadang layanan perpustakaan sekolah mereka tugaskan kepada mahasiswa yang berpraktik di sekolah tersebut, sedangkan mahasiswa sendiri juga tidak memahami terkait dengan pengelolaan perpustakaan, karena di perguruan tinggi mereka tidak diajarkan tentang pengelolaan perpustakaan. Selain itu terkait dengan perpustakaan desa, mahasiswa yang sedang tugas KKN juga sering diminta oleh kepala desa untuk membenahi pengelolaan perpustakaan desa, tentu saja ini juga membingungkan bagi mahasiswa yang ditugaskan. Sedangkan dalam UU No. 43 tahun 2007 tentang perpustakaan pada pasal 18 menyatakan bahwa ” setiap perpustakaan dikelola sesuai dengan standar nasional perpustakaan”. Oleh karena itu UPT Perpustakaan berinisiatif untuk mengambil peran dalam memberikan pembekalan kepada mahasiswa sebelum ke lapangan untuk mempunyai pengetahuan dan keterampilan terkait dengan pengelolaan perpustakaan Sekolah dan Desa.

Sehingga tujuan utama dari kegiatan ini adalah: 1) Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dan juga para alumni yang sudah mengabdi di sekolah maupun desa terkait dengan pengelolaan perpustakaan sekolah dan desa; 2) Mahasiswa punya apresiasi yang baik terhadap tugas-tugas seorang pustakawan dalam mengelola perpustakaan.

Sedangkan yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah 4 orang pustakawan UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya (Usman, Siti Narani, Muchti Nurhidaya dan Siti Umroh)

Pembiayaan untuk kegiatan ini bersumber dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) IAIN Palangka Raya tahun 2017

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *