perpustakaanstainpalangkaraya@yahoo.com

Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan IAIN Palangka Raya

Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dan Desa bagi Mahasiswa dan Alumni IAIN Palangka Raya Tahun 2019

Pada hari Selasa tanggal 2 Juli 2019 UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya melaksanakan kegiatan pelatihan pengelolaan perpustakaan sekolah dan desa bagi mahasiswa dan alumni IAIN Palangka Raya yang bertempat di Aula UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya.

Menurut kepala perpustakaan IAIN Palangka Raya Usman dalam sambutannya bahwa Kegiatan ini merupakan salah satu dari program perpustakaan IAIN Palangka Raya dalam meningkatkan kwalitas SDM di lingkungan civitas akademika IAIN Palangka Raya khususnya mahasiswa dan alumni yang sedang punya rencana untuk melaksanakan KKN dan PPL atau alumni yang sudah mengabdi di masyarakat khususnya bekerja sebagai tenaga pendidik atau kependidikan atau pekerja sosial lainnya. Kegiatan pelatihan ini perlu dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada para mahasiswa dan alumni dalam hal pengelolaan perpustakaan sekolah dan desa sebagai bekal mereka berkiprah di masyarakat, baik pada saat mereka praktik kerja lapangan di sekolah, pada saat ber KKN atau sudah bekerja pada sekolah tertentu atau pada lembaga layanan publik lainnya di masyarakat. Terlebih lagi dengan adanya kebijakan satu desa satu perpustakaan dan setiap sekolah yang diwajibkan mempunyai sarana sumber belajar berupa perpustakaan.

Perpustakaan sekolah sampai sekarang kebanyakannya dikelola oleh para guru yang umumnya mereka tidak punya latar belakang pengetahuan dalam mengelola perpustakaan. Terkadang layanan perpustakaan sekolah mereka tugaskan kepada mahasiswa yang berpraktik di sekolah tersebut, sedangkan mahasiswa sendiri juga tidak memahami terkait dengan pengelolaan perpustakaan, karena di perguruan tinggi mereka tidak diajarkan tentang pengelolaan perpustakaan. Begitu pula dengan perpustakaan desa yang hampir setiap desa ada, namun pengelolaannya belum standar, sehingga oleh kepala desa yang kebetulan desanya ditempati oleh mahasiswa KKN diminta untuk membenahi perpustakaan desa, sementara mahasiswa yang diminta tolong juga tidak memahami dan terampil terkait dengan pengelolaan perpustakaan.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahap pertama yang dilakukan oleh perpustakaan pada tahun 2019 sebagai pengantar untuk kegiatan tahap kedua terkait dengan kegiatan pelatihan pengelolaan koleksi digital yang akan mengundang para pustakawan atau pengelola perpustakaan madrasah.

Pelatihan ini dibuka oleh rektor yang dalam hal ini diwakili oleh wakil rektor III bidang kemahasiswaan dan kerjasama bapak DR. Sadiani, MH. dalam sambutannya beliau mengingatkan akan pentingnya peran perpustakaan di lembaga pendidikan khususnya perguruan tinggi, beliau juga bercerita terkait pengalaman beliau pernah sebagai kepala perpustakaan dan beliau menyarankan agar kegiatan berikutnya menyertakan pengelola perpustakaan masjid.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 1 hari (6 jam), pesertanya sebanyak 50 orangĀ  yang tidak hanya berasal dari mahasiswa namun juga dari tenaga pengelola perpustakaan madrasah yang umumnya alumni. Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah kepala perpustakaan IAIN Palangka Raya bapak Usman, Pustakawan Muda IAIN Palangka Raya Siti Narani dan tenaga IT Perpustatakaan Ibu Isminur Kurnia Eka Putri dan dibantu staf perpustakaan IAIN Palangka Raya lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *