Pelatihan Otomasi dan Perpustakaan Digital Library oleh UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya

Pada hari selasa tanggal 16 Agustus 2022 UPT perpustakaan IAIN Palangka Raya menyelenggarakan pelatihan otomasi dan digital library perpustakaan yang dilaksanakan di aula lantai 3 perpustakaan IAIN Palangka Raya. Pelatihan ini adalah salah satu program perpustakaan dalam rangka meningkatkan kompetensi pustakawan dan civitas akademika IAIN Palangka Raya dalam menyelenggarakan pelayanan kepada pengguna perpustakaan seefisien dan seefeklif mungkin dengan bantuan teknologi informasi. Pelatihan ini dilaksanakan selama 6 jam atau 1 hari. Adapun narasumber kegiatan pelatihan ini adalah Bapak Dr. Hasbullah Hilmi, S.Ag.SS.M.HI. dan Bapak Joko Sosilo, S.M dari UIN Sunan Ampel Surabaya. Peserta kegiatan ini berjumlah  30 orang, yang terdiri dari  staf UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya dan perwakilan pengelola perpustakaan fakultas IAIN Palangka serta pengelola perpustakaan dari lembaga pendidikan lainnya di Palangka Raya. Waktu pelaksanaan mulai 7.30 Wib s/d 16.00 WIB. Adapun pokok bahasan dari pelatihan ini adalah terkait otomasi perpustakan dan digital library atau repository di perpaustakaan  yaitu slims dan e-prins,

Kepala perpustakaan IAIN Palangka Raya Bapak Usman, S.Ag, SS. M.HI.  dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya di perpustakaan IAIN Palangka Raya sebagai bagian dari peningkatan kompetensi pustakawan berkelanjutan yang juga merupakan bagian dari pemenuhan standar akreditasi perpustakaan. Selain itu kegiatan ini juga merupakan bagian dari update pengetahuan dan teknologi informasi di perpustakaan yang selalu mengealami perkembangan. selanjutnya kepala perpustakaan  juga menyampaikan bahwa perpustakaan IAIN Palangka Raya membuka diri bagi unit-unit lain seperti beberapa fakultas yang ada di IAIN Palangka Raya ataupun dari instansi lain yang ingin bekerjasma dengan UPT perpustakaan  IAIN Palangka Raya.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Bapak Dr. H. Sardimi, M.Ag.,  dalam sambutannya Wakil Rektor II menyampaikan terimakasih kepada Bapak narasumber yang berkenan hadir di IAIN Palangka Raya untuk berbagi ilmu pengetahuan dengan civitas akademika IAIN Palangka Raya. Beliau juga sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini, terlebih dengan kemajuan tekhnologi informasi yang sangat berkembang pesat saat ini yang tidak dapat dihindari, jadi dengan menerapkan IT sangat membantu menyampaikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan terlebih saat pandemi melanda. Dalam hal ini otomasi perpustakaan sangat memberikan manfaat bagi pustakawan dan juga pemustaka.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *