perpustakaanstainpalangkaraya@yahoo.com

Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan IAIN Palangka Raya

Visit Study UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya Tahun 2019

UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya selama 3 hari mulai dari tanggal 24 – 26 November 2019 melakukan kegiatan visit study ke Perpustakaan pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan ke Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya.  Peserta yang ikut dalam rombongan kegiatan visit study ini sebanyak 8 orang, yaitu kepala perpustakaan beserta staf dan wakil rektor 1 bidang akademik dan pengembangan IAIN Palangka Raya Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag.

Pada saat kunjungan para peserta tidak hanya melihat secara langsung  terhadap fasilitas yang ada di perpustakaan, namun juga menerima materi terkait dengan pengembangan perpustakaan dan pustakawan dari narasumber yang berasal dari pustakawan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Perpustakaan IAIN Palangka Raya dengan ke 2 perpustakaan tersebut.

Para peserta visit study memulai kunjungannya pada hari minggu 24 November 2019 berangkat dari Palangka Raya kemudian pada senin pagi tanggal 25 November 2019  ke perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang selanjutnya hari selasa pagi tanggal 26 November 2019 ke Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. Kedatangan peserta visit study dari UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya  di UIN Malang disambut langsung oleh PLT Kepala perpustakaan pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang beserta staf. Sedangkan di UIN Surabaya rombongan disambut langsung oleh wakil rektor 1 UIN Sunan Ampel Surabaya dan Kepala Perpustakaan beserta stafnya. Kepala Perpustakaan UIN Malang dan UIN Surabaya dalam sambutannya merasa senang dan menyambut baik serta berterimakasih atas kunjungannya di perpustakaan mereka. Pada kesempatan itu kepala perpustakaan IAIN Palangka Raya juga menyampaikan sambutannya bahwa peserta visit study juga berterimakasih atas sambutan yang diberikan. Kegiatan visit study ini adalah sebagai bagian dari program UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya dalam rangka pengembangan perpustakaan dan peningkatan kompetensi pustakawan IAIN Palangka Raya. Selain itu penandatanganan nota kesepahaman antara kedua perpustakaan sebenarnya hanyalah memformalkan kerjasama yang secara teknis sebenarnya sudah lama dilakukan oleh kedua belah pihak seperti peningkatan kompetensi SDM Perpustakaan dan peningkatan implementasi teknologi informasi di perpustakaan, namun formalitasnya baru saat ini bisa dilakukan oleh kedua belah pihak. Selanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa rombongan visit study ini sengaja menyertakaan wakil rektor 1 bidang akademik dan pengembangan agar beliau sebagai wakil rektor yang secara struktural membawahi UPT Perpustakaan juga mempunyai visi yang lebih jelas secara bersama-sama dengan pustakawan dalam mengembangkan perpustakaan. Selanjutnya pada kesempatan itu wakil rektor 1 menyampaikan harapannya agar UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya memprogramkan reakreditasi bagi UPT Perpustakaan IAIN Palangka untuk mendapatkan nilai akreditasi A dengan belajar kepada ke 2 perpustakaan yang dikunjungi tersebut, dan beliau berharap agar ke 2 perpustakaan UIN yang sudah terakreditasi A ini bisa membantu untuk  merealisasikan harapan dari IAIN Palangka Raya yang saat ini berusaha untuk bertransformasi menjadi UIN Palangka Raya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *