Pelatihan Pengelolaan Repository berbasis e-print Tahun 2017

Pada tanggal 6 Mei 2017 UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan repository berbasis e-print untuk publikasi karya ilmiah serta pelatihan online research skill berbasis aplikasi zotero bagi pengelola perpustakaan dan civitas akademika IAIN Palangka Raya. Kegiatan ini bagian dari pengembangan kompetensi sumber daya manusia di perpustakaan. Adapun tujuan dari kegiatan ini secara khusus adalah: 1) Meningkatkan kwalitas sumber daya manusia pengelola perpustakaan pada aspek pemanfaatan teknologi informasi khususnya repository berbasis aplikasi e-print dalam mengelola koleksi digital; 2) Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para civitas akademika dalam  memanfaatkan aplikasi digital repository  untuk publikasi karya ilmiahnya melalui internet; 3) Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para pustakawan dan dosen dalam pemanfaatan teknologi informasi  dalam rangka menelusur dan mengelola informasi digital dalam rangka menunjang kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

Narasumber dari kegiatan ini adalah Bapak DR. Hasbullah Hilmi, S.Ag.SS.MHI dari UIN Sunan Ampel Surabaya dan Bapak Faizuddin Harliansyah, S.Ag.SS.MIM. dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga yang mewakili rektor berkesempatan membuka dan memberikan sambutan pada kegiatan tersebut. Menurut beliau kegiatan ini sangat penting sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi pustakawan sebagai bagian dari peningkatan kwalitas SDM Lembaga IAIN Palangka Raya. Selain itu beliau juga memberikan banyak informasi tentang perkembangan IAIN yang akan melakukan akreditasi institusi dan usaha-usaha yang dilakukan untuk selanjutnya alih status menjadi UIN.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *