Pelatihan Pengelolaan Koleksi Serial di Banjarmasin

Pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 4-5 Nopember 2016 Perpustakaan IAIN Palangka Raya mengadakan kegiatan pelatihan pengelolaan koleksi serial di Banjarmasin. Pelatihan ini merupakan bagian dari pengembangan sumber daya manusia di perpustakaan dengan
tujuan untuk menciptakan
  tenaga profesional di bidang perpustakaan.

Perpustakaan IAIN hingga saat ini koleksinya terus mengalami perkembangan baik secara kwalitas maupun kwantitas, termasuk jenis koleksi berupa jurnal, majalah dan surat kabar yang dikenal dengan istilah koleksi serial.

Koleksi jurnal dan majalah berada di lantai 3 perpustakaan, sedangkan surat kabar ada di lobi untuk dibaca oleh pengunjung perpustakaan dan diarsipkan untuk yang sudah lama serta sebagian dikliping. Semua jenis koleksi ini hingga sekarang belum diolah secara baik, seperti pengklasifikasian, pelabelan maupun penjilidan. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh kurangnya tenaga yang dimiliki perpustakaan, namun juga disebabkan kurangnya kemampuan pustakawan untuk mengolah koleksi ini. Oleh karena itu penting sekali bagi pengelola perpustakaan untuk mengadakan pelatihan ini agar koleksi serial yang dimiliki perpustakaan dapat diolah secara baik dan standar, terlebih dalam rangka menghadapi rencana akreditasi perpustakaan. Pelatihan ini dilaksanakan di UPT Perpustakaan IAIN Antasari Banjarmasin dan Badan Perpustakaan Daerah Banjarmasin. Pertimbangannya adalah karena perlengkapan yang cukup memadai digunakan untuk pelatihan ini ada di Banjarmasin dan pematerinya juga berasal dari Pustakawan senior di Banjarmasin yaitu Ibu Laila Rahmawati, S.Ag. M.Hum dan Ibu Sakdiah. S.Sos. Selain itu kegiatan pelatihan ini juga dibarengi dengan kegiatan penyusunan naskah nota kesepahaman antara UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya dengan UPT Perpustakaan IAIN Antasari Banjarmasin yang rencananya akan langsung ditandangani oleh kedua rektor pada akhir bulan nopember.  Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh seluruh staf perpustakaan IAIN Palangka Raya yang berjumlah 9 orang.
Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah: 1) agar para staf UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya sudah bisa lebih memahami bagaimana koleksi serial itu dikelola secara baik dan benar; 2) agar para staf UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya memiliki keterampilan terkait dengan mengemas kembali koleksi serial agar lebih dapat didayagunakan kembali di perpustakaan dengan cara praktik penjilidan majalah dan koran; 3) agar para staf dapat berdiskusi dan saling tukar informasi dengan staf pengolahan UPT Perpustakaan IAIN Antasari Banjarmasin terkait dengan pengelolaan koleksi serial di perpustakaan masing-masing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *