Workshop Layanan Perpustakaan tahun 2013

 

IMG_4795

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat serta sebagai bagian yang telah terintegrasi dengan layanan di perpustakaan, maka telah mengharuskan bagi pustakawan untuk mengerti tentang teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karena itu pengembangan sumber daya manusia melalui kegiatan workshop dalam aspek penguasaan teknologi di perpustakaan sangat dibutuhkan dengan tujuan untuk menciptakan  tenaga profesional di bidang perpustakaan. Terlebih dengan adanya undang-undang perpustakaan yang mengharuskan pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi (pasal 24 ayat 4 UU RI No. 3 tahun 2007).

            Dasar hukum dari kegiatan ini adalah UU RI No. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan dan didasarkan pada Surat Keputusan Ketua STAIN Palangka Raya Nomor 533 Tanggal 30 September 2013 tentang Pembentukan Panitia Workshop Layanan Perpustakaan Tahun Anggaran 2013

            Panitia dari kegiatan ini adalah 9 orang terdiri dari Pengarah, Penanggung jawab, Ketua, Sekretaris, dan anggota yang kebanyakan dari staf perpustakaan sendiri.

Nara sumber adalah 1 orang yaitu DR. Hasbullah Hilmi, S.Ag.SS.MHI dari IAIN Sunan Ampel Surabaya. Sedangkan peserta workshop ini berjumlah 30 orang yang terdiri dari pengelola perpustakaan madrasah, sekolah dan perguruan tinggi yang diundang yaitu sebanyak 23 orang dan dari STAIN sendiri sebanyak 7 orang.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 26 Oktober 2013, bertempat di aula perpustakaan STAIN Palangka Raya lantai 3.

            Materi yang disampaikan adalah pertama beberapa aspek yang terkait dengan penerapan otomasi di perpustakaan, Sedangkan kedua adalah praktik instalasi salah satu program aplikasi layanan perpustakaan (SLIMS) pada computer, serta petunjuk teknis dalam pengoperasiannya.

Anggaran baiaya dari kegiatan ini adalah dari DIPA STAIN Palangka Raya tahun 2013 sebesar Rp 17.850.000,- . sedangkan realisasi anggarannya sebesar Rp 16.333.000,-

Kegiatan ini aktif diikuti oleh seluruh peserta dan panitia, sehingga kegiatan ini dapat dikatakan berjalan dengan lancar dan sukses.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *